CORONA VIRUS DISEASE 2019 (pembukaan)

CORONA VIRUS DISEASE 2019 (pembukaan)

#DirumahAja Covid-19 itu membunuh kami

Tak terasa hampir setahun pandemi covid ini sudah masuk ke Indonesia. Maret 2020 kalau tidak salah, pandemi mulai menjangkiti Indonesia, bermula dari korban pertama di daerah Jawa sana dan alhamdulillah tidak meregang nyawa.

Sebenarnya kalau boleh berbicara tentang Covid-19 ini (dalam kacamata orang awam medis) tentunya ini tidak begitu menakutkan. Banyak penderita yang selamat, kalaupun ada yang meninggal kebanyakan sudah mempunyai riwayat penyakit. Entah itu meregang nyawa karena penyakit yang sudah diderita atau memang karena Covid-19 ini.

Berbagai kebijakan telah diberlakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Tapi di sini saya akan mencoba menulis beberapa hal yang sangat saya perhatikan dalam era pandemi ini.

PROTOKOL KESEHATAN
Hal yang paling merepotkan adalah protokol Kesehatan yang terbilang menjadi salah satu mengapa pandemi ini menjadi sangat menakutkan. Mulai dari memakai masker yang kadang membuat hampir pingsan karena kesulitan bernafas. Cuci tangan yang memang sedari dahulu memang harus dilakukan. Namun yang paling menyebalkan adalah menjaga jarak antar sesama. Karena kita tahu sebagai masyarakat Indonesia itu suka sekali kumpul-kumpul.

PENDERITA
Selanjutnya adalah penderita. Apabila seseorang sudah menderita Covid-19 dia akan dikucilkan oleh lingkungan sekitar, seolah-olah penyakit ini adalah penyakit menjijikkan. Kalau menjadi alasan adalah belum tersedianya obat untuk penyakit ini, HIV jauh lebih mengerikan menurut saya bahkan lebih berbahaya ketimbang covid ini. karena persentase kesembuhan HIV jauh lebih rendah ketimbang Covid-19

Selanjutnya apabila korban meninggal, pemakamannya menggunakan ritual khusus. Agak aneh memang, karena Covid-19 ini kan penyakit yang disebabkan oleh virus, jika inangnya mati maka seharunya virus sudah mati. Apa Covid-19 itu bukan karena virus?

PEMBATASAN SOSIAL
Kembali lagi mengacu ke protokol Kesehatan yang sudah kita sebutkan tadi, Pembatasan social ini menjadi hal yang paling menakutkan. Ekonomi hancur, pendidikan diambang kehancuran dan perubahan budaya yang sangat signifikan.

Sebenarnya masih banyak lagi. Namun kali ini cukup segini saja. Dan mungkin akan saya sambung kedepannya.
Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *