Selamat Hari Pers 2021 (OPINI)

Selamat Hari Pers 2021 (OPINI)

Selamat Pagi semua.

Pertama-tama saya ucapkan selamat hari pers Nasional. Pers sangat dekat dengan kita yang hidup di negara merdeka ini. Pers adalah lambang dari kebebesan menerima informasi dan menyatakan pendapat.

Peran pers memang tak bisa diremehkan. Di tahun 1945, kita bisa mengetahui kekalahan Jepang lewat pers melalui radio dan beberapa surat kabar. Pasca kemerdekaan, lewat pers kita juga menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan keseluruh penjuru dunia.

Bahkan di zaman yang serba online sekarang ini pun banyak muncul bentuk-bentuk pers, misal adalah media elektronik. Saya hampir pusing ketika memilih-milih berita yang ada karena sumber beritanya banyak sekali.

Tapi, jujur saja saya kecewa dengan pers saat ini. Sulit untuk mendapatkan berita yang bagus dan sesuai dengan pers itu sendiri. Sebenarnya tidak banyak kriteria pers yang baik menurut saya. Tidak berpihak kemanapun, dan tentu saja menjawab pertanyaaan 5W 1H.

Pers tidak boleh memihak kemanapun. Sehingga beritanya tidak menggiring opini masyarakat. Banyak sekali berita-berita yang dipelintir, sehingga bisa mendapatkan persepsi yang berbeda ketika masyarakat baca. Sehingga mungkin saja menimbulkan keributan di masyarakat.

Berita yang disajikan pun kadang saya anggap (maaf) berita sampah. Karena tidak menjawab pertanyaan 5W 1H. Bagaimana kejadiaan yang diberitakan bisa terjadi, mengapa bisa terjadi kadang tidak bisa kita dapatkan dari sebuah berita.

Saya browsing di internet ternyata karena para rekan-rekan wartawan kita itu ditarget harus mengeluarkan berita dengan jumlah tertentu dalam waktu tertentu. Sehingga berita 5W 1H bisa menjadi 4 potongan berita, bahkan parahnya ada berita yang saya rasa kurang penting untuk disajikan.

Sekali lagi ini hanya opini.

Selanjutnya kadang suatu berita (atau lebih tepatnya perusahaan yang menaunginya) berpihak kepada satu sisi. Misal pada pilpres kemarin, salah satu berita hanya memberitakan kebaikan paslon dan memberitakan keburukan lawan politiknya. Apa boleh seperti itu.

Tapi dari semua itu, Pers sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa tahu apa yang sedang terjadi di belahan tempat yang lain. Pers Keren, Pers tanda demokrasi.

Selalu semangat rekan-rekan wartawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *