1 USB Menginstal Semua

Assalamu’alaikum
Beberapa hari yang lalu saku diminta untuk menginstal 3 buah komputer. Yang pertama komputer lama, tentu kuinstal Windows 7 Home Premium, yang kedua kuinstal Ubuntu Server (karena memang server) dan yang terkahir Laptop saudara ku kuinstal windows 10, ya karena Cuma itu yang bisa. Windows 7 atau Windows 8.1 sudah tidak bisa diinstal di laptopnya.

Repot sekali. Aku harus membuat bolak-balik USB installer nya. Bayangkan saja, jika 1 kali instal membutuhkan 10 menit untuk membuat USB installernya, jika 3 perangkat hitung saja berapa waktu yang dibutuhkan. Itu baru proses pembuatan USB installernya, belum proses instalnya.

Akhirnya saya kepikiran, bagaiamana caranya membuat 1 USB tapi bisa untuk menginstal berbagai macam sistem operasi. Istilahnya MultiBoot. Jadi 1 Flashdisc bisa dbuat untuk mengistal Windows 7, 10, 11, Linux, mau Legacy (MBR) atau UEFI (GPT). Kan gak repot. Akhirnya saya menemukan caranya. Langsung saja caranya .

  1. Siapkan dahulu flashdisc nya, pake 32 GB ya. Sebenaranya 8 GB sudah cukup, tapi semakin besar kapasitas FD flashdiscnya, semakin banyak Instalan yang bisa kita taruh di FD tersebut.
  2. Download sofftwarenya di sini, Google Drive || Mediafire || Mega.nz (sekitar 18-20 mb)
  3. Colokkan Flashdisc teman-teman.

PENTING!!! Dalam proses ini kita akan memformat FD teman-teman. Jadi pastikan tidak ada data penting di Flashdisc teman-teman.

  1. Ekstrak dan Jalankan program yang sudah teman-teman download. Jika keluar peringatan klik Yes atau OK saja.
  2. Pada kolom Device, pilih Flashdisc yang akan digunakan. INGAT JANGAN SAMPAI SALAH PILIH YA.
  3. Klik INSTALL
  4. Akan muncul peringatan, The disk will be formatted and … pilih Yes.

Jika ada peringatan lagi, pilih Yes saja.

  1. Tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, tutup program tersebut

Nah untuk memasukkan file windows, teman-teman copy file ISO windows sobat kedalam USB yang sudah jadi tadi. Windows 7, 8, 10, 11 boleh masukkan semua. Linux juga boleh dimasukkan (makannya tadi saya minta pakai USB Besar).

Selesai, tinggal colokkan ke laptop. Nanti pas booting, akan muncul daftar Sistem Operasi yang sudah ada di Flashdisc Sobat (yang ISOnya sudah dimasukkan tadi). USB ini bisa dipakai untuk mode UEFI atau Legacy ya. Terimakasih dan selamat mencoba

Hari

suka makan mie instant dan coca cola. Sering dibilang introvert, padahal cuma malas ketemu orang-orang.

2 thoughts on “1 USB Menginstal Semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daily Lyfe

Proyek Bulan Agustus

Sebelumnya ini bukan sebuah “proyek” cari cuan tetapi lebih ke projek dalam hidup. Media Sosial, sering menganggungku. Aku sering sekali menggunakan Media Sosial, dan sudah lama menggunakan Media Sosial. Meski belum pernah mencoba my space, namun aku pernah menggunakan Friendster sebagai Media Sosial, ya pada zaman SMP. Aku pernah menggunakan Facebook sebagai Media Sosial pencari […]

Baca Lagi